Kamis, 22 Maret 2012

MG VS MG Figure Rise

Seperti yang kita tahu Bandai baru - baru ini mengeluarkan sebuah lini baru yang mereka beri nama MG Figure Rise . MG Figure Rise merupakan singkatan dari Master Grade Figure Rise . Master Grade Figure Rise ini merupakan sebuah lini yang diciptakan oleh Bandai yang tidak jauh berbeda dengan lini MG . Berikut saya akan memberikan perbedaan antara kedua lini dan (+) dan (-) dari lini MG Figure Rise .

Perbedaan mencolok antara kedua lini ini adalah :
1. MG mengambil bentuk model yang diadaptasi dari serial Gundam (Robot) . Sedangkan MG Figure Rise mengambil bentuk model yang diadaptasi dari berbagai serial dan hanya mengadaptasi orang / manusia yang ada di film itu , sebagai contohnya : Kamen Rider W , Dragon Ball .
2. Seperti yang kita tahu MG memiliki sebuah kerangka dalam atau yang biasa kita sebut inner frame . Inner frame ini juga kadang digunakan tanpa memakai armor untuk memberikan kesan rusak kepada Gundam tanpa merusaknya . Lain halnya dengan MG Figure Rise . MG Figure Rise tidak memiliki inner frame karena tidak dipakai untuk menunjukan kesan rusak kepadanya karena inner framenya tidak berbentuk seperti tulang atau bagian tubuh dalam sehingga lini ini juga memiliki persamaan dengan lini HG
3. MG biasa (seri lama) memiliki sendi tangan yang kurang optimal dibandingkan dengan MG Figure Rise . MG hanya memiliki sendi di jempol , telunjuk , dan (jari tengah sampai kelingking dihitung satu) . Sedangkan MG Figure Rise memiliki sendi tangan yang bisa dibilang lebih bagus dibanding dengan lini MG karena memiliki 1 sendi jempol , 2 sendi telunjuk , dan 4 sendi (jari tengah sampai kelingking)(setara dengan seri MG yang baru) .

Kekurangan dan kelebihan lini MG Figure Rise :
(+) Memiliki banyak artikulasi .
(+) Artikulasi di bagian jari memiliki lebih banyak artikulasi dibanding lini MG sehingga memungkinkan pose yang lebih banyak yang dapat dilakukan oleh lini ini dibanding lini MG .
(+) Ukuran yang lumayan lebih besar dari lini MG lain yang memiliki tinggi normal (seperti RX-78-2)
(+) Besertakan base yang menurut saya sangat bagus dibanding base Bandai yang lain
(-) Tidak memiliki inner frame .
(-) Ukuran jempol yang terbilang aneh .

Overall saya sangat menyukai lini ini karena menurut saya lini ini memiliki banyak sendi yang tidak ada di lini MG dan juga lebih besar dari lini MG lain dan juga lini ini mendapatkan sebuah standbase yang menurut saya juga merupakan nilai lebih karena saya termasuk orang yang malas untuk membeli standbase

Tidak ada komentar:

Posting Komentar